Tuesday, April 28, 2009

Physalis


Physalis ( Physalis peruviana)

Setiap ke supermarket atau di toko buah2an, sering banget lihat buah ini...penasaran pengen nyoba...abis bentuk buahnya unik. Akhirnya hari ini aku nyoba...si aa mah awalnya ga mau..katanya kaya makanan uler hihi....tapi akhirnya dia makan juga...penasaran juga kali yaa.
Kalo dilihat dari kemasannya buah ini berasal dari Columbia. Daunnya cantik, Bentuk buahnya kecil dan bulat, warna kuning dan seperti tomat..rasanya juga agak sedikit asam manis.
kalo ditanya enak atau engga..hmmm kudu coba sendiri aja hihi...yg jelas seger :)
kayanya ini buah cocok banget dijadikan hiasan/ garnis , desserts, salad.
The berries (atau buah yg berwarna kuning) dari Physalis mengandung banyak gizi. Selain vitamin C dan B1, provitamin A dan zat besi dan kalsium. Kandung vitamin C nya sangat tinggi.
Berries dapat dimakan mentah, atau juga bisa di temukan dalam bentuk kering atau yang sudah diproses dalam bentuk jam/selai.

Eeehh daunnya jangan dibuang..bagus lho buat hiasan, malah di Afrika, daunnya dimasak dan dimakan, atau sebagai pembalut luka. Karena kandungan daunnya mempunyai efek diuretic dan di dalam Physalis dapat ditemukan Naturopathy urinary untuk menyembuhkan penyakit , encok, batu ginjal dan kandung kemih .

Physalis juga ditanam sebagai hiasan taman,.

source : http://www.fsbio-hannover.de/oftheweek/136.htm

No comments: